Kamis, 29 Desember 2011

Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise. (Lebih awal tidur dan lebih awal bangun membuat orang sehat, kaya dan bijak)

Alfaqih Warsono



Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise.
(Lebih awal tidur dan lebih awal bangun membuat orang sehat, kaya dan bijak)

It is better to go to bed early at night and to get up early in the morning.
(adalah lebih baik pergi tidur awal-awal pada malam hari dan bangun awal pula di waktu pagi)

Orang bijak berpesan: bangun kesiangan kehilangan rejeki. Nampaknya ada benarnya. Betapa tidak ketika orang bekerja tapi bangun kesiangan pasti kehilangan pekerjaannya karena diambil alih orang lain. Ada orang mengantar shodaqoh, karena bangun kesiangan shodaqoh dilewat dan diberikan kepada orang lain.  Bagi pelajar, bangun kesiangan berakibat pada : 1) dimarahi orang tua, 2) dimarahi guru piket, 3) ketinggalan pelajaran atau ulangan, dan 4) kepala pusing.

Padahal bangun pagi membuat badan sehat karena sempat berolah raha dan menghirup udara segar, bandingkan dengan pangun kesiangan.
Padahal bangun pagi membuat orang kaya baik materi (uang) ataupun immateri (ilmu, kesempatan mendapatkan uang, dan lain-lain).
Padahal bangun pagi membuat orang bijak karena ternyata otak kanan dan otak kiri bekerja lebih sinergis sehingga mampu berpikir panjang dan menghasilkan kata-kata dan sikap yang bijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar baik setelah Anda membaca tulisan Kata-kata mutiara Saya ini!