Jumat, 28 Oktober 2011

People become fools when they stop asking questions (Orang menjadi bodoh bila berhenti bertanya))

Oleh : Alfaqih Warsono


People become fools when they stop asking questions

(Orang menjadi bodoh bila merekaberhenti bertanya)

Logis memang, ketika orang berhenti bertanya tentu ia akan menjadi bodoh karena banyaknya masalah yang seharusnya bisa dipecahkan dengan bertanya kepada ahlinya, ketika tidak ditanyakan maka yang akan terjadi adalah ia tidak tahu.
oleh karenanya Allah menyusuh kita untuk bertanya kepada yang mengerti tentang masalah itu.


 فَاسْأَلُواْ أَهْلَ الذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ ﴿٤٣﴾
maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui, (QS An Nahl [16]:43)

Pepatah Indonesia mengatakan,"Malu bertanya , sesat di jalan". Artinya kita bisa dan akan menemukan kesulitan, manakala kita berhenti atau tidak mau bertanya. sebalinya, dengan bertanya orang akan bertambah banyak pengalaman dan pengetahuannya.

Ketahuilah, bahwa "bertanya" adalah bukan ciri bahwa orang itu bodoh, malah sebaliknya. Orang bertanya bisa dimungkinkan:
  1. Pintar, yaitu membantu orang lain yang mengalami kesulitan bertanya. Ia bertanya padahal sebenarnya ia tahu jawabannya. 
  2. Pintar, yaitu ingin menguji apakah orang yang ditanya tersebut mampu menjawab atau tidak. Ia ingin mengetahui keilmuan orang yang ditanyanya.
  3. Agak pintar, yaitu mengecek jawabannya dengan orang yang ditanya apakah jawabannya lebih masuk akal atau jawaban orang yang ditanya yang lebih rasional. Di sini, ia akan mendapat kejelasan dan hilang keraguannya.
  4. Tidak tahu, yaitu benar-benar ingin mengetahui jawaban yang benar karena ia sendiri tidak tahu bagaimana menjawabnya.
Dengan demikian kita tahu bahwa berhenti bertanya saja bisa menjadi bodoh, lebih-lebih lagi jika tidak pernah bertanya. oleh karena itu untuk dapat bertanya, maka ia harus banyak membaca terlebih dahulu. Dengan itu ia akan menemukan banyak masalaha yang dapat ditanyakan. Orang yang bingung "mau bertanya apa" itu adalah akibat ia tidak pernah membaca sebelumnya.

Tapi, bertanya yang tidak relevan atau bertanya sembarang justru akan menyebabkan ia kehilangan banyak waktu untuk bertanya yang sesungguhnya. Maka bertanyalah yang penting untuk diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar baik setelah Anda membaca tulisan Kata-kata mutiara Saya ini!