Minggu, 30 Oktober 2011

A good example is the best sermon. (Contoh yang baik adalah khutbah yang terbaik)

Alfaqih Warsono


A good example is the best sermon.
(Contoh yang baik adalah khutbah yang terbaik)

Means: Giving an example is better than giving advice.
(Memberi contoh adalah lebih baik dari pada memberi nasehat)

Pepatah ini bukan berarti melarang memberi nasehat. Bahkan tiap manusia berkewajiban memberi nasehat yang baik kepada orang lain, terutama mereka yang hampir kehilangan akal sehat dan petunjuk yang benar.
Dalam AlQuran memberi nasehat itu termasuk amal yang membuat manusianya tidak rugi.
إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ﴿٣﴾
Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS Al Ashr[103]:2-3)

Akan tetapi maksud pepatah ini adalah ketika kita harus memberi nasehat, jangan lupa terhadap diri kita sendiri. Kita tidak memberi nasehat sementara kita sendiri tidak melakukan isi nasehat itu. Ini diancam oleh Allah, perhatikan ayat berikut:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ ﴿٢﴾ كَبُرَ مَقْتاً عِندَ اللَّهِ أَن تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ ﴿٣﴾
Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan. (QS As Shaf[61]:2-3)

Oleh karena itu, berilah nasehat, dan berikan contoh perbuatan yang baik sesuai dengan apa yang dinasehatkan. Adapun yang terbaik adalah berlakulah sesuai peraturan syareat, baru berilah nasehat kepada orang lain agar berlaku dengan budi pekerti yang luhur. Contoh yang ditampakkan oleh kita sebelum kita memberi nasehat itulah nasehat yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar baik setelah Anda membaca tulisan Kata-kata mutiara Saya ini!