Jumat, 18 Januari 2013

An empty purse frightens away friends (dompet kosong membuat kawan lari ketakutan)

Alfaqih Warsono



An empty purse frightens away friends

(dompet kosong membuat kawan lari ketakutan)

Means: When one's financial situation deteriorates (memburuk), friends tend to disappear.
(Bila keadaan financial seseorang memburuk, teman-teman cenderung menghilang)

Orang bilang ada uang abang sayang, tak ada uang abang tendang. Kasihan sekali nasib si abang yang malang tak punya uang.
Orang bilang, tipe manusia ini adalah “matre”. Kedengarannya “negatif”, berkawan hanya dengan si kaya. Namun, sebenarnya tidak ada salahnya, asalkan tidak berpikir yang negatif apalagi merendahkan.

Berkawan dengan orang yang tidak punya uang juga sebenarnya penyebab turunya rahmat Tuhan, betapa tidak, kita bisa memberikan pertolongan yang belum tentu bisa dilakukan terhadap kawan yang kaya. Boleh jadi kawan yang kaya menyenangkan hati kita dan kita penyebab bertambahnya pahala dia.

Jadi, teman miskin mestim kita dekati sebab menjadi peyelamat jiwa dan raga kita dunia-akhirat. Teman kaya pun mesti kita dekati sebab menjadi penolong ketika kita membutuhkan.

Namun, yang tidak boleh kita lakukan adalah mencari teman kaya dengan niatan kita mencari keuntungan darinya dan mencari popularitas diri serta harga diri. Begitu juga menjauhi teman minskin dengan niatan malu terhadap harga diri dan merendahakannya.

Ingatlah yang lebih awal masuk surga adalah orang miskin yang beriman dan beramal shaleh yang mampu menjaga diri dan keluarganya dari meminta-minta.
وَوَجَدَكَ عَائِلاً فَأَغْنَى ﴿٨﴾

Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan (QS Ad Dhuha [93]:8)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar baik setelah Anda membaca tulisan Kata-kata mutiara Saya ini!