Jumat, 03 Juni 2011

A tree is known by its fruit. (Pohon diketahui dari buahnya)

Alfaqih Warsono

A tree is known by its fruit.

(Pohon diketahui dari buahnya)

Means: A man is judged by his actions.

(orang dinilai dari tindakannya)

Ibarat pohon, terkadang sulit mengenali namanya bila hanya melihat, batangnya saja atau dsunnya saja karena masih terdapat kemiripan. Namun bila kita melihat buahnya, akan lebih mudah menyebut namanya atau mudah dikenali.

Demikian halnya dengan orang, sulit mengenali apakah orang itu baik atau buruk kalau hanya melihat tampilan badannya saja. Namun kita akan mudah mengenali orang itu baik, jika dari perbuatannya memang ia baik. Mudah mengenali orang itu Muslim (Islam), jika ia adalah orang yang aktivitasnya menunjukkan muslim seperti rajin sholat, rajin mengaji, rajin mengikuti diskusi ilmiah Islam, rajin puasa, dll. Walau ia terlihat baik, jika perbuatannya tidak, maka orang itu akan dikenal sebagai orang yang tidak baik. Begitu sebaliknya.

Pepatah itu, meberi pelajaran bagi orang dalam mencari teman/sahabat. Ingat, jika teman kita tidak baik, maka kita akan tersebut tidak baik pula, dan terkena akibatnya.

Berteman dengan pembuat batu bata, akan terpercik adonan batu bata. Berteman dengan pekerja pandai besi, akan terpercik bunga api. Berteman dengan penjual minyak wangi, akan terolesi minyak wangi meskipun kita tidak membelinya. Berteman dengan ustad, akan mendapat berkat/nasi/kueh. Berteman dengan maling, akan terpukuli masarakat, atau tertangkap polisi kalaupun tidak pasti jadi saksi di kantor polisi. Ngeri kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar baik setelah Anda membaca tulisan Kata-kata mutiara Saya ini!