Jumat, 03 Juni 2011

Bad news travels fast. (Berita buruk berjalan cepat)

Alfaqih Warsono

Bad news travels fast.

(Berita buruk berjalan cepat)

Means: People tend to circulate bad news (accidents, illness etc.) very quickly.

Orang cenderung menyebarluaskan berita buruk dengan cepat (kecelakaan, penyakit, dll).

Disinilah, pengaruh setan sangat kuat. Berita yang baik tidak membuat setan menarik untuk digosipkan, namun sebaliknya berita buruk akan menjadi makanan empuk dan senjata ampuh bagi setan untuk mempedayakan manusia.

Gosip sering, kalau tidak dikatan selalu, mencari keburukan orang. Dan hal ini membuat dorongan sirkulasi sangat kuat kepada orang lain. Ini akan membuat mata rantai yang panjang karena beritanya “Hot”. Sementara berita baik, kalaupun disebarkan, maka hanya akan menjadi berita basi, tidak akan menjadi rangkaian panjang.

Ingat, Berita buruk dapat menjadi dua kapilah:

1. Ghibah (mengumpat, “ngrasani”), menyebarkan berita buruk yang ada pada seseorang yang memang benar adanya. AlQuran menyebut orang demikian sebagai pemakan bangkai orang yang diumpat. Pahala peng-ghibah, kalau punya pahala, akan diberikan kepada yang dirasaninya itu.

2. Fitnah, ini adalah kapilah yang terjahat. Ia menyebarkan berita buruk seseorang padahal orang itu tidak seperti yang diberitakan. Berita fitnah akan sangat cepat merambah ke mulut orang lain, dari mulut ke mulut. Islam menyebut ini dengan “Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan”.

اَلْفِتْنَةُ اَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ

Hal ini karena yang akan tebunuh akibat fitnah banyak orang, sementara pembunuh hanya akan membunuh orang yang dibuhnya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar baik setelah Anda membaca tulisan Kata-kata mutiara Saya ini!