Rabu, 06 April 2011

Advisers run no risks

Al Faqih Warsono

Advisers run no risks
(Para Penasehat tidak menanggung resiko)

Means: It's easier to give advice than to act
(Lebih mudah memberi nasehat dari pada berbuat/bertindak)


Banyak orang yang hanya bisa memberi nasehat, tapi tidak sanggup menjalankannya. Memberi Nasehat bukan perbuatan buruk, tetapi sebaik-baik pemberi nasehat adalah orang yang mampu memberi nasehat dan sanggup pula melakukannya. Orang tua, misalnya, yang memberi nasehat kepada anaknya untuk "tidak bohong", sementara ia sendiri sering berbohong kepada anaknya, maka cepat atau lambat nasehat orang tua itu tidak akan didengar oleh anaknya.

Dalam Al Quran surah Al 'Ashr: 1 - 3 menggambarkan keseimbangan antara nasehat dan perbuatan.

001. Demi masa.
002. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
003. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran
.

Dari Ayat-ayat ini, dapat ditarik pendekatan dan kesimpulan, bahwa
1- keseimbangan antara nasehat dan perbuatan dalam beriman dan amal sholeh.
nasehat "beriman" harus didukung oleh perbuatan (amal sholeh). Menyuruh takwa harus didukung oleh tindakanannya melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Jangan lagi menyuruh takwa, tapi ia sendiri tidak rajin sholat, malas puasa, enggan shodakoh, tak pernah baca apalagi meng-kaji AlQuran, ini tidak adil dalam bernasehat.

2- orang yang nasehat menasehati yang dilandasi dengan perbuatan diri terhadap apa yang ia nasehatkan, akan termasuk orang yang tidak akan merugi. Tapi sebaliknya jia ia hanya bisa menasehati tapi ia sendiri tak bisa melaksanakan apa yang ia ucapkan, ia tergolong orang yang rugi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar baik setelah Anda membaca tulisan Kata-kata mutiara Saya ini!